Sukses Melakukan Pendirian Badan Usaha Bersama KolegaJasa

KolegaJasa – Banyak dari kita pasti sudah tahu, kalau memiliki legalitas saat melakukan pendirian badan usaha akan membantu para pelaku usaha dalam banyak hal. Khususnya melindungi badan usaha dari banyak masalah seperti ketidakpastian hukum.

Legalitas tersebut juga memudahkan kita saat ada masalah yang terkait dengan pajak, karyawan / ketenagakerjaan, pengajuan kredit, ikut serta dalam sebuah tender proyek, HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) serta urusan yang lainnya. Jadi, singkatnya badan usaha itu merupakan sebuah kebutuhan pokok para pelaku usaha yang sedang membangun perusahaan yang besar.

Manfaat Utama Kepemilikan Legalitas Atas Badan Usaha

Untuk mengerti lebih dalam tentang mengapa Anda harus memiliki legalitas atas badan usaha Anda, manfaat-manfaat berikut adalah hal penting akan Anda dapatkan:

1. Bukti valid akan kepatuhan hukum yang berlaku

Di negara kita tercinta ini, semua jenis usaha diatur sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Oleh sebab itu, saat badan usaha itu punya legalitas, maka kita sebagai pelaku usaha dianggap sudah mematuhi aturan hukum serta undang-undang yang berlaku. Karena kalau sudah resmi, badan usaha tersebut akan memiliki kewajiban terhadap pajak dan aturan lainnya.

2. Sebagai media perlindungan hukum

Dengan kepemilikan legalitas atas badan usaha, maka kita akan mendapatkan perlindungan penuh terhadap usaha kita. Selain itu juga akan membuat kita terhindar dari semua bentuk tuntutan hukum atas kegiatan usaha tersebut.

3. Memudahkan untuk mendapatkan tender proyek

Apabila kita sudah memiliki dokumen yang sah dan lengkap atas legalitas badan usaha, maka kita bisa ikut serta dalam lelang proyek atau tender. Entah lelang tersebut diadakan oleh pihak pemerintah maupun pihak swasta. Kelengkapan dari dokumen tersebut juga dapat membangun kepercayaan dari investor pada usaha yang sedang dijalankan. Oleh sebab itu, kami menyarankan kepada Anda untuk mengurus legalitas atas pendirian badan usaha supaya dapat mengembangkan usaha agar lebih mudah dan tanpa kendala.

Kendala dalam Pengurusan Legalitas Badan Usaha

Sebenarnya tidak sulit untuk mengurus legalitas atas badan usaha. Tetapi bukan berarti tanpa kendala atau rintangan saat kita mengurusnya. Dan berikut ini adalah beberapa jenis kendala yang sering dijumpai banyak orang saat mengurus legalitas atas badan usaha:

1. Kendala permodalan

Telah disebutkan sebelumnya dalam UU No. 40 Tahun 2007 bahwa modal dasar untuk mendirikan sebuah badan usaha minimal adalah Rp 50 juta dengan 25%-nya harus disetor. Karena hal inilah, banyak orang yang tidak mau mengurus legalitas dari badan usaha mereka karena biayanya yang mahal.

Tetapi hal semacam ini tidak akan menjadi sebuah kendala lagi karena berlakunya PerPres No. 29 Tahun 2016 tentang Perubahan Modal Pasar PT (Perseroan Terbatas) yang mengatur terkait perubahan modal dasar. Di dalam peraturan baru ini, besarnya modal sudah bisa ditentukan berdasarkan kesepakatan para pendiri badan usaha tersebut.

2. Kendala penentuan bidang usaha

Dalam kondisi tertentu, para pelaku usaha ini mengalami kesulitan saat mereka menentukan bidang usahanya. Pasalnya bidang usaha tersebut harus dicantumkan ke dalam akta perusahaan. Kita bisa membaca KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia) untuk tahu bermacam jenis bidang usaha.

Apabila kita mendirikan sebuah perusahaan setelah adanya OSS, maka kita harus memastikan bidang usaha yang ada di dalam maksud dan tujuan dari akta pendirian sudah menggunakan KBLI tahun 2017 tersebut. Penting untuk kita ingat bahwa penggunaan dari KBLI tersebut harus sudah dilakukan pada tahap pembuatan akta pendirian badan usaha.

3. Kendala domisili badan usaha

Domisili atau tempat dari badan usaha tidak hanya berkaitan dengan lokasi dari usaha tersebut berada. Namun terkait dengan jenis bangunan seperti rumah, toko, kantor, dll. Hal ini dianggap penting sebab ada beberapa kota tertentu yang melarang untuk menjadikan tempat tinggal sebagai lokasi sebuah badan usaha. Jadi kita harus memastikan untuk menentukan domisili usaha tersebut sesuai dengan peraturan dari kota / kabupaten setempat.

4. Kendala persyaratan administrasi

Untuk yang satu ini pasti sudah diketahui oleh banyak orang. Bahwa dalam tiap langkah pendirian badan usaha pasti butuh dokumen yang berbeda. Oleh sebab itu, pastikan dokumen kita sudah melengkapi persyaratan atas peraturan yang berlaku dengan benar.

Kita bersama sudah tahu seperti apa manfaat dan kendala yang dihadapi saat melakukan pendirian badan usaha. Dan cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan bantuan dari konsultan yang bergerak di bidang layanan legalitas dan izin usaha.

Jadi, apakah Anda sedang mencari konsultan legalitas & layanan izin usaha? KolegaJasa solusinya! Kami siap memberikan pelayanan konsultasi yang ramah serta membantu Anda menyelesaikan izin usaha dengan cepat & akurat, dan tentunya paling murah. Dan yang paling menarik adalah Anda bisa menikmati fasilitas “pembayaran setelah dokumen jadi” (S&K berlaku).

Kami melayani konsultasi pendirian usaha dan pengurusan legalitas serta izin operasional usaha sesuai peraturan yang berlaku di Indonesia, seperti:

  • Pendirian Badan Usaha
  • Izin Usaha Ekspor & Impor
  • Nomor Induk Berusaha (NIB)
  • Izin Usaha Jasa Transportasi
  • Izin Usaha Jasa Industri
  • Izin Usaha Jasa Konstruksi
  • Izin Usaha Koperasi
  • Izin Usaha PMA BKPM
  • Izin Usaha PMDN

Kami memberikan pelayanan secara GRATIS untuk Anda yang ingin bertanya-tanya maupun konsultasi terkait segala urusan bisnis & usaha. Urusan konsultasi & legalitas usaha? Ya KolegaJasa! Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan bantuan terkait pendirian badan usaha atau dengan mengunjungi kami di: Jl. Mpu Panuluh no 12, Songgolangit, Surakarta atau Jl. Imogiri Timur, Bantul, Yogyakarta.