Sukses Lalui Tahapan Izin Usaha PMA BKPM Bersama KolegaJasa

KolegaJasa – PMA ialah kependekan dari penanaman modal asing. Topik yang satu ini memang menjadi bahasan yang menarik bagi mereka yang ingin terjun dalam dunia bisnis. Pengelolaan dana yang dilakukan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan melalui penanaman modal memang perlu digali lebih dalam.

Pengertian PMA

Penanaman modal asing atau yang disingkat dengan PMA ialah sebuah aktivitas menanam modal di wilayah Indonesia atau NKRI yang dilaksanakan oleh penanam modal asing yang dilakukan oleh suatu Perseroan. Modal tersebut akan dipakai untuk membangun sebuah usaha di Indonesia. Modal tersebut dapat berasal dari satu orang ataupun patungan dengan penanam modal dari dalam negeri.

Lantas apa yang menyebabkan PMA dilakukan di Indonesia? PMA mempunyai banyak fungsi dimana salah satunya ialah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Disamping itu PMA juga dapat dijadikan sebagai menjadi sumber dana untuk mempercepat pertumbuhan Indonesia. PMA akan menjadi pemicu perekonomian Indonesia supaya terus tumbuh dan berkembang.

Penanaman modal asing tersebut juga bisa membantu mengurangi pengangguran sebab semakin banyak jenis usaha yang bermunculan. Penanam modal harus membayar pajak, adapun pajak ini akan memberikan tambahan cadangan terhadap devisa negara. Proses penanaman modal asing tersebut berlangsung dalam beberapa tahap. Berikut beberapa tahapan penanaman modal asing yang perlu dipahami.

1. Tahap Persiapan

Bagian pertama yang perlu dilalui dalam proses penanaman modal asing ialah tahap persiapan. Dalam tahap ini, dilakukan pengajuan permohonan terhadap BPKM terkait rencana penanaman modal asing.

Kepada BPKM, Anda perlu memberikan penjelasan tentang bisnis yang akan dikerjakan dan juga modal yang diinvestasikan. Pada tahap ini pula, Anda dapat mengurus izin prinsip. Pada umumnya tahap persiapan ini akan berlangsung selama 4 – 7 hari.

2. Tahap Konstruksi

Berikutnya ialah tahap konstruksi yang umumnya disebut sebagai tahap realisasi. Setelah melakukan pengajuan serta disetujui, maka Anda dapat segera masuk ke tahap ini. Di tahap inilah Anda akan mendirikan perusahaan atau PT PMA. Tahap tersebut dapat dikatakan cukup rumit sebab terdapat banyak hal yang harus diurus.

Dokumen yang perlu disiapkan untuk melengkapi tahap konstruksi juga terbilang cukup banyak. Anda juga perlu menyediakan fasilitas supaya PT PMA yang Anda dirikan dapat segera berjalan. Untuk mempermudah langkah dalam melewati tahap ini, maka sangat dianjurkan untuk meminta bantuan ataupun rekomendasi dari orang lain yang berpengalaman.

3. Tahap Operasi/Produksi

Tahapan berikutnya yang harus dilalui ialah tahap operasi atau produksi. Tahap tersebut baru bisa dijalankan apabila Anda telah mempersiapkan semua dokumen dan juga melalui dua tahap sebelumnya. Paling tidak persiapan yang dilakukan harus mencapai 85% untuk bisa masuk ke tahap produksi atau operasi.

Dalam tahap ini, Anda diharuskan untuk membuat pengajuan permohonan izin usaha tetap atau IUT. Dokumen-dokumen yang telah disiapkan pada tahap kedua harus diserahkan ke BKPM. Apabila BKPM mengabulkan, maka Anda akan memperoleh izin usaha tetap serta bisa mulai beroperasi.

Penanaman modal asing tersebut dilakukan melalui pendirian sebuah badan hukum yakni Perseroan Terbatas atau PT. Proses pendirian PT ini sama halnya dengan pendirian perusahaan lokal. Namun, untuk PT PMA diperlukan persetujuan BKPM yang termuat didalam sebuah dokumen bernama izin prinsip.

Jadi, apakah Anda sedang mencari konsultan legalitas & layanan izin usaha? KolegaJasa solusinya! Kami siap memberikan pelayanan konsultasi yang ramah serta membantu Anda menyelesaikan izin usaha dengan cepat & akurat, dan tentunya paling murah. Dan yang paling menarik adalah Anda bisa menikmati fasilitas “pembayaran setelah dokumen jadi” (S&K berlaku).

Kami melayani konsultasi pendirian usaha dan pengurusan legalitas serta izin operasional usaha sesuai peraturan yang berlaku di Indonesia, seperti:

  • Pendirian Badan Usaha
  • Izin Usaha Ekspor & Impor
  • Nomor Induk Berusaha (NIB)
  • Izin Usaha Jasa Transportasi
  • Izin Usaha Jasa Industri
  • Izin Usaha Jasa Konstruksi
  • Izin Usaha Koperasi
  • Izin Usaha PMA BKPM
  • Izin Usaha PMDN

Kami memberikan pelayanan secara GRATIS untuk Anda yang ingin bertanya-tanya maupun konsultasi terkait segala urusan bisnis & usaha. Urusan konsultasi & legalitas usaha? Ya KolegaJasa! Hubungi kami sekarang juga mendapatkan bantuan terkait Izin Usaha PMA BKPM  atau dengan mengunjungi kami di: Jl. Mpu Panuluh no 12, Songgolangit, Surakarta atau Jl. Imogiri Timur, Bantul, Yogyakarta.